Sabtu, 30 Juni 2012

high heels

 HIGH HEELS... :)


Ternyata, menurut pakar kesehatan, pemakaian high heel dan flat shoes yang berlebihan memiliki resiko yang buruk bagi kesehatan. Mike O’Neil, seorang konsultan bedah pediatric menyatakan bahwa pemakaian flat shoes maupun high heels dalam waktu lebih dari 6 bulan terus menerus mempunyai resiko menimbulkan berbagai masalah kesehatan.
Kekurangan Flat Shoes
Kelihatannya sepatu datar tidak akan menimbulkan kendala apapun, rata-rata pemakai menyatakan nyaman memakai sepatu jenis ini, tetapi ternyata menurut ahli tidaklah demikian. Flat Shoes dapat membuat sakit pada kaki, bengkak pada jempol kaki, peradangan pada kaki, maupun nyeri di tulang punggung belakang dan radang sendi (arthritis).

Kekurangan High Heels

Alyssa B Dufour dari Institute for Aging Research of Hebrew Senior Life atas dasar hasil penelitiannya selama 6 tahun (2002-2008) menyatakan bahwa pemakain high heels pada wanita dapat menyebabkan terjadinya nyeri di bagian belakang kaki.
Namun bukan berarti kedua jenis alas kaki favorit para kaum Hawa tersebut tidak memiliki kelebihan. Untuk high heels misalnya, para pemakainya akan terlihat memiliki kaki yang jenjang, seksi dan anggun. Menghilangkan tonjolan-tonjolan urat lutut serta memperbaiki otot panggul. Selain itu, menurut peneliti asal Italia, pemakaian high heels mampu meningkatkan gairah seks pada wanita sehingga lebih “menarik” ketika di atas ranjang dibandingkan wanita pemakai flat shoes. Sementara kelebihan pemakai flat shoes adalah mengurangi resiko kaki terkilir dan gangguan kesehatan pada tulang belakang.

Agar pemakai dapat memperoleh manfaat dari high heels maupun flat shoes, berikut beberapa tips untuk kaum wanita agar tetap tampil jelita namun tidak melupakan kesehatan:

1. Hindari pemakaian model sepatu yang sama dalam kurun waktu yang lama. Selang-seling dalam memakai jenis high heels dan flat shoes akan mengurangi beban kaki.
2. Menjaga berat badan ideal. Tujuannya, agar mengurangi beban berat bagi telapak kaki.
3. Pilih alas kaki yang memiliki tinggi tumit 2,5 cm (1 inci) untuk aktivitas sehari-hari.
4. Hindari menggunakan alas kaki ketika di rumah.
5. Lakukan relaksasi, seperti merendam kaki dengan air hangat atau pijat pada kaki setelah beraktivitas yang panjang seharian.

Kelemahan high heels :
High heels dapat menyebabkan:
Tulang kaki retak
Kuku jari kaki tidak dapat tumbuh dengan baik
Sakit lutut
Sakit punggung
Buku-buku jari kaki tertekuk
Terluka karena jatuh akibat high heels super tinggi

Keuntungan high heels:
Membuat kaki nampak elegan, dan seksi
Menambah ‘kekuatan’ bagi penampilan Anda
Dapat menolong pada beberapa masalah postur tubuh
Baik untuk otot Achilles Anda (otot di atas tumit dan di bawah betis)
Flat shoes dapat menyebabkan:
Telapak kaki tertekuk ke dalam dan membuat ligamen tertarik terpisah, sehingga dapat menyebabkan rasa sakit pada dasar kaki
Jari-jari yang besar tertarik ke dalam, menyebabkan rasa sakit dan kaku
Arthritis di belakang tulang lutut Anda
Sakit punggung
Sakit pada tulang betis


Tidak ada komentar:

Posting Komentar