Sabtu, 14 Juli 2012

paperQ...MONITOR HOLTER


Holter monitor adalah perangkat medis yang merekam aktivitas listrik jantung. Kebanyakan dokter sering menggunakan monitor ini untuk mendiagnosa aritmia. Holter monitor dan acara juga digunakan untuk mendeteksi iskemia miokard diam. Dalam kondisi ini, tidak cukup darah yang kaya oksigen mencapai otot jantung. "Diam" berarti bahwa tidak ada gejala terjadi.
Holter monitor kadang-kadang disebut
EKG kontinu (electrocardiograms). Hal ini karena monitor Holter merekam irama jantung terus menerus selama 24 sampai 48 jam.
Sebuah monitor Holter adalah tentang ukuran sebesar setumpuk besar kartu. Anda dapat klip ke sabuk atau membawanya dalam saku. Kabel menghubungkan perangkat ke sensor (disebut elektroda) yang menempel di dada Anda menggunakan patch lengket. Sensor ini mengambil sinyal listrik jantung Anda, dan monitor merekam irama jantung Anda.
Wireless Holter Monitor
Monitor ini disebut nirkabel karena mereka menggunakan ponsel untuk mengirim data ke kantor dokter Anda. Hal ini terjadi secara otomatis pada waktu tertentu. Monitor ini masih memiliki kabel yang menghubungkan perangkat ke sensor yang menempel di dada Anda.
Meskipun Holter nirkabel memonitor kerja lebih lama, mereka memiliki sisi bawah. Anda harus ingat untuk menuliskan waktu gejala, sehingga dokter anda dapat mencocokkannya dengan rekaman irama jantung. Juga, baterai ke dalam monitor nirkabel harus berubah setiap 1 sampai 2 hari.
Seorang teknisi akan menempatkan elektroda yang merasakan detak jantung Anda pada dada Anda. Untuk pria, sejumlah kecil rambut mungkin akan dicukur untuk memastikan elektroda menempel. Teknisi itu kemudian akan menghubungkan elektroda untuk alat perekam dengan kabel beberapa, dan akan menginstruksikan Anda tentang cara untuk benar mengenakan perangkat rekaman, sehingga dapat merekam data yang dikirimkan dari elektroda.
Diperlukan waktu sekitar 10 sampai 15 menit untuk menerapkan monitor dan kurang dari 5 menit untuk menghapusnya. Pasien juga akan menerima arah. Banyak monitor juga dilengkapi dengan tombol "peristiwa". Menekan tombol selama gejala (pusing, misalnya) akan membantu teknisi mencetak EKG dari waktu yang tepat.
Prosedur pemasangan holter monitor antara lain:
  Elektroda ECG dipasang pada dada dan disambungkan dengan kabel lead.
  Monitor ECG dengan ukuran kecil dibawa sepanjang masa perekaman
  Pasien diberitahu agar elektroda harus selalu terpasang, tidak membasahi elektroda, tidak menggunakan peralatan elektronik dan alat yang menggunakan magnet selama masa perekaman agak tidak mengganggu sinyal EKG, mencatat adanya gejala dan aktivitas yang dilakukan selama masa perekaman, dan menghubungi dokter atau rumah sakit bila terdapat masalah selama perekaman
  Dada dibersihkan dengan larutan alkohol untuk memastikan lampiran baik dari elektroda EKG lengket.
  Pria dengan dada berbulu mungkin memerlukan wilayah kecil untuk dicukur.
  Elektroda EKG (bercak putih melingkar di sebelah kiri) yang diterapkan pada dada. Kawat tipis kemudian digunakan untuk menghubungkan elektroda untuk tape recorder kecil. Tape recorder ini dijamin dengan sabuk pasien atau dapat tersandang di bahu dan leher dengan menggunakan kantong sekali pakai. Perekam dipakai selama 24 jam dan pasien didorong untuk melanjutkan kegiatan sehari-hari nya.
SUMBER :
Diakses hari Jum’at 13 Juli 2012 jam  14.15
Diakses hari Jum’at 13 Juli 2012 jam 14.17
Diakses hari Jumat 13 Juli 2012 jam 14.21
Diakses hari Jum’at 13 Juli 2012 jam 14.24
                        Diakses hari Jum’at 13 Juli 2012 jam 14.32

Tidak ada komentar:

Posting Komentar